Jangkep Seminggu Full

 Udah seminggu di tempat kerja baru, Kudus jadi kota berikutnya. Kabupaten tetangganya pun sudah pernah kami tinggali hampir 3 tahun, Pati Bumi Minat Tani. Kultur, kuliner, budaya, masyarakatnya dan biaya hidup hampir sama, UMK yang agak berbeda. Karena beberapa Perusahaan besar bercokol di Kudus, rokok Djarum, Polytron, percetakan Pura.

Baru merasakan kerja di Distributor, fokusnya sales dan sales. Menjual produk anda, serahkan kepada ahlinya, seperti itu lah mungkin harusnya. Manufaktur tidak perlu pusing bagaimana harus jualan, cari distributor yang cocok dan deal !. Saat masih merintis jualan kemaren, saya juga belajar untuk jadi reseller, njualin barang orang lain. Yang punya barang ya merasa terbantu dengan banyaknya reseller.

Manufaktur bisa juga berhubungan dengan banyak Distributor, mungkin bisa berbeda wilayahnya, variannya atau channelnya. Perusahaan tempat ane kerja ini kita sebut saja WJMM, 90% berjualan produk Aqua. Sudah 20 tahun lalu merintis jualan Aqua, hingga sekarang memiliki 30 Depo di sebagian besar Jawa Tengah.

Saat ini WJMM dikelola generasi kedua, dipimpin oleh sulung dari 2 bersaudara, anak muda yang masih seperempat abad (Stv). Walaupun Ayahnya juga masih terlihat kuat, namun memilih untuk melimpahkan bisnis ini ke anak-anaknya. Mengelola ratusan milyar per bulan dengan ribuan karyawan, bikin perut mual dan ngilu jika belum siap dan terbiasa.
Hari kedua kerja saya sudah jalan ke Semarang, pas ada meeting forecast dan warehouse solution, Cuma dengerin aja about rencana-rencana jual dan kapasitas gudang. Lanjut keliling gudang Semarang dan meeting dengan all distributor Jateng di DC Aqua Semarang. Hari berikunya meluncur ke Demak, Pati, Rembang dan Kudus, bersama pembesar dari TIV (nama perusahaan Aqua)
Ini yang berat, ditiap depo saya diminta untuk menjelaskan problem dan solusinya. Berbekal pengalaman, eksistensi dan integritas tinggi saya melewati tantangan ini dengan nilai 50 …ha ha ha. Macam QC sedang audit gudang, ternyata gudangnya gak tertata banget, namun yang saya puji adalah semua gudang ini milik sendiri!...keren, duite buwanyaq. 
Dan lengkaplah minggu pertama mengawali kerja ini, hari Minggu kita meeting di hotel Wimarion Semarang. Baru paham yang diundang hanya orang lima, direct report Pak Stv. Dan baru tahu juga kalau saya nanti bakal support Pak Stv for Supply dari Plant, Warehouse dan Despatch ke Customer. Jabatan dan tugas yang sangat ngeri, lumayan paham bakal ngapain nanti cos this is new for me. 
Seminggu ini i learn from keluarga Pak Stv ini entrepreneur keren, punya bisnis dari nol, berganti-ganti bisnis, bertahan dan berkembang sampe punya aset dimana-mana dengan usia yang tidak terlalu tua, buktinya masih bisa kemana-mana. Anaknya mau juga nerusin bisnis ini, masih muda tapi mau sibuk hingga gak kenal waktu. Gak ada jam kerja dan hari kerja, semuanya kerja ha ha, dan hal ini berimbas ke kami. Wis siap-siap aja, membanyak waktu untuk kerjaan ini.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship