KNOWing Product before Sell it - 1

Jualan tuh gampang-gampang susah ya, lebih ke susah susah gampang sih. Hampir semua aktivitas yang baru kita lakukan pasti terasa like that, apalagi kita gak pernah terjun ke bidang itu. Selama ini hanya dengar, sesekali ikutan training, coba-coba, on off on off. 

Setelah terjun beneran baru deh kerasa, kerasa gak ada pendapatan he he. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya saat ini saya memilih menjadi reseller. Reseller kaos, buku bisnis dan voucher, njualin barang orang.

Saat masih di Pekanbaru sebenarnya kami sudah memulai bisnis Laundry, dari akhir 2010 sampe awal 2013. Namun terpaksa kami tutup karena ada kesempatan balik ke Jawa, yakni di Pati. 2014 di Pati kami coba jualan lagi menjadi reseller.


Kami (dan istri) jika ingin berjualan mempunyai kebiasaan membeli produknya terlebih dahulu untuk tahu kualitas, dari kualitas layanan, pembayaran, dan kualitas barang. Karena sering orang jualan tapi gak sesuai deskripsi, nggak fast respon, sulit pembayaran jadinya pembeli yang dirugikan.

Setelah dirasa cukup percaya, baru berani repeat atau dropship. Untuk kaos dan buku saya melakukan hal yang sama. Saya beli, pakai dan beli beberapa untuk sample ukuran, ndatengin banyak supaya bisa hemat ongkir, walaupun kadang gak laku. 

Dengan sistem online, stock gak perlu dan terlalu  banyak. Minta saja spesifikasi, foto produk all warna aja ke produsen. Kalau ada marketing kit malah bagus, pasang di Blog dan promo ke sosmed.

Untuk buku perlakuannya berbeda, kita musti tahu isinya supaya saat jualan tahu harus promo dengan angle apa. Untungnya penerbit BS sudah memberitahukan isi buku dengan baik, bahkan sebelum buku di launching, ada webinar dari penulis, grup khusus untuk nanya nanya. Tak kalah penting marketing kit, gambar promo yang menarik, testimoni, bonus, copywritting, sangat membantu sekali buat para penjual.

Tanpa stock dan modal gede, anda sudah bisa jualan. Banyakin promo, interaksi dan teknik lainnya, jika laku tinggal minta produsen kirim ke alamat pembeli. Banyak orang yang berhasil dengan model ini, disebut dropship. Kita hanya sebagai makelar saja, ini bisa jadi profesi loh he he. Caranya banyakin koneksi dan teman, bantu mereka sebisa kita, dengan begitu mereka percaya dengan kita.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship