Maulid, Apa yang kamu lakukan

www.prayertimenyc.com
Bulan ini adalah bulan dimana Rasulullah Shallahu alaihi wa salam dilahirkan ke dunia, ya bulan Rabiul Awal. Tanggalnya masih ada perbedaan antara ulama, ada yang tanggal 11, 12 atau 13. Hal ini dikarenakan masyarakat Quraisy belum meng-angka-i tahun kalender mereka, sedangkan nama bulan sudah ada.

Tahun Nabi lahir saja diingat sebagai tahun Gajah, karena ditahun itu Pasukan Gajah raja Abraha menyerang Ka’bah walaupun tanggal dan tahun-nya masih banyak perbedaan. Mayoritas ulama menyetujui Nabi Muhammad lahir di tahun Gajah.

Setelah di tetapkan tahun kalender saat Hijrah adalah tahun pertama, penanggalan peristiwa umat Islam lebih rapi dan tertib. Sehingga tahun wafatnya Nabi bisa diketahui secara tepat, yakni 12 Rabiul Awal 11 Hijriyah.

www.novelrw.com
Memaknai Maulid Nabi yang jatuh di bulan Rabiul awal ini adalah dengan mengikuti dan mencontoh Nabi. Seperti yang telah di firmankan Allah Swt di QS 33:21, Nabi adalah suri tauladan yang baik bagi orang-orang yang mengharap rahmat Allah. Semua aktivitas musti kita maknai sebagai ibadah, di pasar, di kantor, di instansi, di sekolah, di jalan, di hutan, di laut, di pesawat, dimana saja, terapkan akhlak Rasulullah Saw.

Akhlak Rasulullah Saw salah satunya adalah sabar, tidak pernah membalas jika ada yang menyerang dirinya, pribadinya. Kita bisa membacanya di surat Ali Imran : 159, rahmat bagi Nabi untuk bersikap baik, lemah lembut dan memaafkan. 13 tahun Nabi Muhammad berdakwah di Mekah mengajarkan tauhid dan mencontohkan akhlaq.

Apa yang kita harapkan dengan mencontoh akhlaq dan sunnah Nabi, sesuai alenia diatas adalah berharap rahmat serta ampunan Allah Swt.  Kenapa berharap rahmat dan ampunan? Karena keduanya adalah tiket masuk surga. “Amal seseorang tidak akan memasukkan seseorang kedalam surga” (HR. Muslim dan Bukhari) serta di Surat Al Hadid : 21 silahkan di baca sendiri.

Trus amalan kita untuk apa, amalan dan ibadah kita adalah untuk mendapatkan kapling di Surga. Maulid silahkan di per-ingat-i dengan berlomba-lomba mengikuti dan menambah sunnah-sunnah Nabi Saw. Berharap ampunan dan rahmat, sehingga kapling di punya tiket di dapat...aamiin.

0 comments:

Posting Komentar

Barusan Pulang

Friendship