Panggilan Puasa hanya untuk yang beriman?

Kenapa kita berpuasa, siapa yang nyuruh, trus dapat apaan? Kok sampe mau-maunya gak makan, gak minum, bergaul dengan istri di siang hari. Duh capek, malas, nggak semangat, nggak produktif.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  . Itu adalah Ayat Quran yang memerintahkan insan beriman untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Dan perintah ini juga telah diberikan Allah Swt., kepada umat terdahulu juga walaupun mungkin berbeda cara.

Sebagai manusia beriman ya pasti nurut dan patuh dengan perintah Allah Swt., karena kita sudah memutuskan untuk beragama Islam. Kalau nggak Islam yang gak usah nurut Quran, gak usah nurut Hadits, ikuti perintah agamamu ajah.
Tujuan dari puasa adalah menjadikan kita umat yang bertakwa, yakin semua dari Allah Swt., menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Kita memilih Islam ini pasti ada yang di tuju, yaitu berkehidupan yang baik di dunia dan berakhir nanti masuk ke Surga.
Di bulan ini (maaf) kita bisa sedikit melihat kualitas iman seseorang, anda bisa menilai secara kasat mata terlebih dahulu. 
Ada yang nggak puasa dan terang-terangan makan dan minum, 
Ada yang enggak puasa tapi gak menunjukkan, 
Ada yang puasa tapi amalan lain gak dikerjakan, 
Ada yang puasa tapi masih melakukan maksiat (dosa), 
Ada yang puasa tapi nggak ada tapinya... he he

Nah dari beberapa contoh itu kita masuk golongan mana? Semoga yang puasa tapi nggak ada tapinya ya, selalu melaksanakan perintah dan amalan yang berlimpah. Melalui bulan puasa dengan semangat dan senang ada pahalanya, walaupun ada  dari sebagian kita masih melalui Ramadhan dengan sedikit keterpaksaan .... hi hi  seperti saya sih.

Di tempat kerja saya, baik saat di Pekanbaru, Pati atau di Surabaya ini. Banyak sekali teman-teman, dan bawahan, khusunya pekerja kasar (kuli) tidak melaksanakan puasa saat Ramadhan. Sebenarnya bisa dilihat dari bulan-bulan lalu amalan wajib yang tidak dikerjakan. Ya gimana, sholat yang 5 menit saja tidak melakukan, apalagi puasa yang 13 jam... sangat berat bagi mereka.

Padahal perintah puasa seperti di Al Baqarah 183 tidak ada kekhususan untuk pengusaha, karyawan, pegawai, pengagguran, mahasiswa, pejabat, atlet. Tapi sebagian orang menganggap karena pekerjaan saya berat, memerlukan fisik, jadinya saya nggak berpuasa. Tapi ya jangan terang-terangan, tapi yang di qodo’, tapi ya bayar fidyah.

Nggak mau kan kita dianggap nggak beriman, hanya karena kita memberi sugesti ke pikiran kalau gak akan kuat puasa, berbahaya jika berpuasa, dll jika berpuasa. Tekankan ke pikiran dan hati bahwa ini adalah perintah Allah dan itu pasti baik.

2 komentar:

  1. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH BUDI HARTONO yang telah menolong saya dalam kesulitan ini tidak pernah terpikirkan berkat bantuan MBAH yang memberikan pesugihan dana gaib sebesar 1 miliar syukur alhamdulillah kini saya sudah bisa melunasi semua hutang-hutang saya yang ada di BANK sisanya untuk buka usaha kemarin saya takut mengikuti pesugihan ini takuk ada tumbal tapi mau di apa dengan kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya coba minta tolong sama MBAH BUDI HARTONO dan dengan senang hati MBAH BUDI HARTONO membantu saya pesugihan dana gaibnya alhamdulillah semuanya bener-benar terbukti pesugihan dari MBAH ternyata aman tanpa tumbal karna saya sudah membuktikannya tidak ada resiko apapun dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur yang bisa di percaya jangan anda takut untuk konsultasi jika anda ingin di bantu seperti saya terutama yang terlilit hutang lansung hubungi MBAH BUDI HARTONO di nomor hp 085-256-077-899 untuk info lebih jelasnya buka blog MBAH klik disini -->> PESUGIHAN DANA GAIB

    BalasHapus
  2. PERMISI,,,MOHON MAAF,WAJIB LAPOR YANG PUNYA GROUP UNTUK POSTING DI GROUP ANDA CUMA MAU BERBAGI CERITA KISAH NYATA ,,,assalamu'alaikum warrohmatullohi wabarookaatuh...
    Saya pendatang baru di grup ini ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada eyang sukarwo karna berkat bantuan Nombor togel 4D yang eyang sukarwo berikan ternyata benar-benar TEMBUS 100% 4D dan alhamdulillah saya menang angka sebanyak Rp 500 juta Dalam 5 putaran dalam bentuk uang Indonesia saya menang banyak karna saya pasang angka eyang sukarwo dari 5 bandar di TAIWAN,saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan eyang sukarwo,awalnya saya kurang yakin dengan angka yang eyang sukarwo berikan ternyata alhamdulillah saya menang 4D lagi dan kalau boleh saya jujur eyang sukarwo sudah berapa banyak peramal/dukun di internet yang saya hubungi tidak ada satupun yang tembus malahan hutang-hutang saya bertambah banyak tapi dengan bantuan eyang sukarwo kini kehidupan saya jauh lebih sukses dari pada sebelumnya, alhamdulillah saya ada rencana pulang kampung karna sudah 7 tahun jadi TKW TAIWAN tidak perna pulang ke indonesia, ini karna bantuan eyang sukarwo saya akan pulang ketemu semua keluarga saya itu semua berkat bantuan saya ingatkan kepada teman2 Tki dan Tkw tidak ada dukun yg bisa menangdingi kesaktian eyang sukarwo,"INGAT" didunia ini tidak ada yg tidak mungkin selama lafadz "kun fa ya kun" selalu dalam genggaman Allah, maka cukuplah dengan berkata "JADILAH MAKA TERJADILAH"
    SYARATNYA : ANDA HARUS SERIUS.
    silahkan anda hubungi-eyang sukarwo
    di nomor :-082-393-755-227 :saya sudah buktikan dalam 5X putaran ini tidak perna meleset dan saya pastikan anda tidak akan kecewa dan anda jangan mudah tergiur dengan janji-janji saatnya kita perlu bukti cuma eyang sukarwo-yang menjamin Jackpot 100% kemenangan.kalau mau bukti hubungi sekarang,
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RITUAL ,,,,,,
    2D.3D.4D.5D.6D
    angka GHOIB:SINGAPURA
    angka GHOIB:HONGKONG
    angka GHOIB:MALAYSIA
    angka GHOIB:LAOS
    angka GHOIB:SIDNEY
    angka GHOIB:CAMBODIA
    angka GHOIB:CHINA
    angka GHOIB:KOREA
    angka GHOIB:ARAB SAUDI
    angka GHOIB:BRUNEI DARUSSALAM
    angka GHOIB:TAIWAN
    angka GHOIB:THAILAND

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship