Ramadhan terganggu karena Kontrak

Kontrakan Lama
Setahun sudah kami menempati rumah kontrakan ini, rumah pertama yang kami tinggali di Pati (2 bulan saya sendirian ngeKos duluan). Kami merasakan Kabupaten ini cukup nyaman dan aman, serta enak untuk dijadikan tempat tinggal.

Saat menempati kontrakan saat bulan puasa, namun setelah setahun kami memutuskan untuk mencari kontrakan baru – kami harus pindah. Tapi ini bulan puasa, aktivitas pindahan cukup menganggu jadwal ibadah. Padahal istri saya sengaja meng-off-kan online shopnya karena ingin fokus ibadah.

Ini bulan Ramadhan orang orang pada kemana?

4 hari menjalani puasa di bulan Ramadhan, kesan saya adalah sedikit kaget. Karena Ramadhan ini kok seperti di bulan-bulan lainnya. Biasanya awal Ramadhan masjid masjid pada penuh, tarawih pertama jumlah jamaah akan meningkat pesat.

Saya hanya ambil sample di Masjid dekat rumah dan musholla Pabrik, enggak di tempat lainnya. Tarawih hari ke 1 – 4 gak rame-rame amat, sholat wajib pun jumlah jamaahnya sama seperti biasa...hadehh. Yang gak kalah keren adalah jumlah jamaah di musholla pabrik, tetep aja ja ja ja a a a. Yang tepat waktu ya itu itu aja, lainnya ya nelat seperti biasa. 

Ada Romadhan, so what?

Ramadhan bulan yang katanya ditunggu tunggu umat muslim sedunia, karena nikmat dan rahmatNya yang tiada tara. Tapi sebagian muslim merasa biasa saja, bahkan menjadi sedikit beban – walau tak terucap. Mengapa Ramadhan yang begitu mulia beberapa orang biasa saja?

Ini karena persepsi, Ramadhan dianggap sebagai siksaan, merepotkan, gak melakukanpun orang lain gak akan tahu. Persepsi ini yang membawa kita berat menjalankan puasa. Mereka itu mengurung dirinya sendiri didalam bingkai kehidupan yang dia buat sendiri.

Penduduk Makkah dan Madinah nggak takut, jadinya kayak gini

Saya baru tahu kalau Mekah dan Madinah nggak boleh oleh non Muslim. Beneran lho, ilmu saya cetek ya, lha gak pernah ke sana sih – semoga Allah Swt memberikan kami kesempatan untuk ke Tanah Suci Aamiin.

Padahal sektor pariwisata ini adalah pemasukan terbesar di beberapa negara. Karena memang karunia Tuhan ini sudah diberikan dan tinggal dipoles aja. Dan pendapatan dari sektor pariwisata ini bisa berkali lipat dari investasi atau modalnya, beda dengan sektor lainnya.

Nah kalau dua kota suci umat islam itu dilarang Allah Swt untuk dimasuki oleh non Muslim, maka kesempatan untuk mendapatkan pemasukan besar dari Pariwisata sudah hilang. Karena umat Islam di dunia mungkin hanya 1/3 populasi, 2/3 nya adalah umat lain yang bisa jadi wisatawan antar negara.

Ah Nonton apa sih/...

Televisi adalah salah satu hiburan utama keluarga di Indonesia, termasuk kami. Hampir 80% kegiatan di rumah selalu diiringi TV yang menyala. Radio gak bisa dilihat, koran/ majalah gak bisa bebarengan dengan aktivitas lain.

Nah nonton apa kalau di rumah, ini dia acara-acara favorit kami. Tontonan pagi selalu berganti ganti, tapi kalau yang malam hampir selalu sama.  Dimulai jam 17 lebih karena pulang kerja jam 17 dengan jarak yang 5-10 menit sahaja – deket yo.

17.15 saatnya 'Preman Pensiun' RCTI, jam tayang kalau di Pati kurang pas. Karena jam 17.30 sudah maghrib aja, jadi ninggalnya cukup lama. Tapi sinetron ini memberikan tayangan yang berbeda, mengingatkan akan fenomena Si Doel Anak Sekolahan. Ide cerita baru dan unik, pemerannya banyak yang baru namun acting bagus, mengangkat budaya lokal, tidak stripping, lucuh bikin tersenyum.

Nikmatnya saat nggak diberi kesempatan ini...... puihh

Tulisan ini saya buat setelah berbincang dengan Ibu Yanti Praharini, pemilik onlineshop Khimar de_Hcode. Beliau bersyukur karena selama ini Allah SWT., memberikan kesempatan untuk berjualan Khimar dan sebelumnya Kepsek Taman Kanak kanak. Saat teman-teman berbincang, chat atau saling koment menanyakan kabar, pertanyaan lainnya pasti seputar produk Khimar nya – yang memang diwajibkan di Islam.

Beliau teringat teman sekolah dulu yang sangat polos dan pendiam. Dari cara berpakaian, berdandan serta berbicara, nggak nyangka saat ini. Karena berjualan produk MLM kecantikan, menuntutnya harus berpenampilan ‘menarik’ hingga saat ini dia menempati level yang bagus. 

Barusan Pulang

Friendship