Meninggal bisa terapung? Why

Pertanyaan ini jadi salah satu pertanyaan besar di alam dunia, semoga dengan mengatahui tanda tanda ilmu pengetahuan ini. Menjadikan kita manusia yang sadar akan adanya Pencipta serta Pengatur kehidupan. Tanda tanda yang dinampakkan oleh Pencipta dan Pengatur ini, meminta manusia untuk memikirkannya agar memahami Kebesaran dan Kuasa Nya.

Beberapa pertanyaan yang serupa adalah: Mengapa sebelum mati tenggelam trus mengapung? ; Mengapa orang hidup juga bisa mengapung? Mengapa mati disumur selalu mengapung; Ikan mati kok mengapung? Nah yang bener, mengapung dulu atau tenggelam dulu sih?

Orang mati itu bisa mengapung dan tenggelam tergantung beberapa faktor. Ketika mati dalam posisi tengkurap, kemungkinan dia akan mengapung. Tapi ketika di mati dalam kondisi terlentang air akan mengisi paru-parunya, ia akan tenggelam. 

Namun setelah beberapa waktu bakteri yang membusukkan tubuh orang mati ini akan menghasilkan gas. Gas ini akan mengisi ruang kosong dalam tubuh orang tersebut, sehingga ia akan terapung lagi.

Ada lagi nih, jika orang itu menggenakan pakaian yang menyerap air (wol, katun) kemungkinan dia akan tenggelam, karena kain ini menyerap air. Tetapi jika dia menggunakan nilon (tidak menyerap air) kemungkinan dia akan terapung.

Kalau orang hidup bisa mengapung, ya karena yang mati aja bisa apalagi yang hidup. Karena dia mengeluarkan energi (menggerakkan tangan dan kaki) untuk membuatnya terapung. Kalau diam aja (mengatupkan mulut) pasti tenggelam dulu trus mengapung, yang penting bisa tahan napas aja.

Sedangkan ikan ini karena air adalah habitatnya, dia mempunyai daya apung yang netral dengan air. Karena saat oksigen melewati insang, dia dibawah oleh darah dan melepaskan sebagian di kandung kemih/ sejenis kantung udara. Jadi dia bisa tenggelam dan mengampung semaunya, dan tida perlu bekerja keras untuk melakukan ini.

Di Posting ini saya nyoba nulis gak pake prolog, kadang teman-teman yang datang males kali ya mbaca alenia pertama yang gak ada isinya he he. Hanya pembuka yang mencerminkan ane banget dan lebay bagi sebagian orang yang kenal ha ha.

http://id.wikipedia.org/
www.yohanessurya.com/activities.php?pid=20206&id=227
http://ali-oonk.blogspot.com/2012/11/mengapa-ikan-terapung-setelah-mati.html

6 komentar:

  1. Nice share, saya juga pernah mendengar jika tubuh manusia itu bisa terapung tanpa bantuan alat apapun, tapi tetap saja saya takut kecebur laut kali udah terapung tapi entar disambar HIU kan ama aja sialnya hahaha

    BalasHapus
  2. Hooo. Ga pernah mikirin soal ini sih Mas. Btw ada prolog ato ga adapun juga tetep saya baca kok. Hahaha.

    BalasHapus
  3. Dari pengalaman saya saat menjadi petugas SAR, mayat yan tengelam di laut, lebih cepat muncul ke permukaan, dibandingkan dengan mayat yang tenggelam di sungai. Itu juga dipengaruhi banyak faktor juga lho.

    @nuzululpunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal ini dipengaruhi oleh massa jenis air laut lebih besar dari massa jenis air sungai, itulah sebabnya yg d laut lebih cepat muncul ke permukaan

      Hapus
  4. Tapi mudah-mudahan kita ndak meninggal di air ya :')

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
  5. Nanya dong mas2
    Kalau anak umur 2-3 tahun tenggelam di air tawar Sekitar 10-20 menit gmn kemungkinan Keadaan meninggalnya , apakah dia tenggelam ke dasar atau terapung.?

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship