Senin, 18 Februari 2013

Temanku dan Orang Buta



Suatu hari teman saya datang ke rumah – sebut saja ‘Pama’, kita memang janjian ba’da maghrib ngobrol di rumah saya. Ternyata Pama sholat di Masjid yang gak jauh dari rumah saya, sekitar 500m…. nah itu juga jauh mah. Dia cerita tadi pas selesai sholat, mau ke WC, trus liat ada orang yg lagi cuci tangan dan mau masuk WC. Setelah diperhatikan orang itu buta, aku pastiin ke Pama “buta beneran atau bisa lihat dikit2?”, “buta beneran” jawabnya.

Si Pama melanjutkan cerita, saya tunggu orang buta itu siapa tahu masih butuh bantuan saya. Ternyata memang benar, dia agak kesulitan berjalan keluar. Kemudian saya bantu orang itu sampe di halaman masjid, ambil sandal dan mengantar dia di pinggir jalan. Orang buta itu mau naik ojek, lha …. “niat banget” kata Pama dan gak terasa menetes air matanya. “Ha ha cowok nangis” candaku, dia jawab “nikmat apalagi yang gak harus kita syukuri zal”.


Sepulang si Pama, saya merenung sambil mikir tentang cerita tadi. Langsung kepikiran Surat Ar Rahman… “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? . Jadi merinding, orang buta tapi tetap berusaha sholat berjamaah di masjid. Ada 2 pelajaran penting yang Pama dan Aku dapatkan, pertama tidak mengalah dengan keadaan -  kedua menjaga keutamaan sholat berjamaah.

Ada memang takdir Alloh Swt yang tidak bisa kita tentukan, lahir dimana, orang tua siapa, jenis kelamin, kondisi kelahiran dll. Hal tersebut harusnya bukan menjadi penghalang seseorang untuk melakukan perintah dan menjauhi larangan Alloh.  Saya nggak pernah ngerasain jadi orang cacat (Naudzubillah), jadi ini hanya nasihat umum aja. Karena Alloh berfirman dalam QS. Ar Ra’du: 11 yang artinya “Sesungguhnya Alloh tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Kedua mengenai keutamaan sholat berjamaah, kalo sholatnya ya jelas udah wajib – kalo berjamaah lebih utama 27 derajat. Sholat adalah tiang agama, jika banyak yang gak sholat, sudah bisa dipastikan Islam akan runtuh. Dan itu sudah terjadi saat sistem pemerintahan Islam – Khilafah – runtuh di tahun 1940 an. Tidak ada lagi pemimpin umat Islam di muka bumi, penjaga hukum Al Quran dan As Sunah.

Sekarang umat Islam terpecah-pecah, dipisahkan Negara, Bangsa, Nasionalisme dan kepentingan duniawi. Yuk monggo saya mengingatkan diri sendiri dan mengajak pengunjung Blog Sing Biasane, untuk mensyukuri nikmat dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan Alloh, mensegerakan sholat dan berjamaah, serta berdoa agar Alloh dapat menyatukan kembali umat Islam dalam satu kepemimpinan. Aamiin.

15 komentar:

  1. pelajaran berharga memang bisa kita dapatkan dari siapa saja, kapan saja, dan dimana saja ya, mas. tinggal kita aja mau mengamalkannya ato tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget.... mata mau melihat, telinga mau mendengar, hati tetap tertutup, yo repot

      Hapus
    2. andai yisha bisaaaaaaa.......................

      Hapus
  2. Saya juga sedih dengan diri saya sendiri yang terkadang masih tergoda untuk tidak jamaah. Thank's sob sudah diingatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama brur, moga kita jadi semangat berjamaah ya brur

      Hapus
  3. Iya ya, kita sehat wal afiat tanpa kekurangan. tapi ibadah menunda...
    trus yang runtuh islam apanya pak, umat islam kan banyak dan yang ke Mekkah juga banyak/ bersatu pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang runtuh satu kepemimpinan dengan sistem islamiya atau Khilafah....dengan Khalifah sebagaimana rasul dan sahabat dan tabiin menerapkannya. Tidak ada peradaban yang bisa menandingi sistem pemerintahan Khilafah hingga saat ini.

      Hapus
  4. SEmoga kita tetap selalu bersyukur atas anugerahNya dan dengan melaksanakan perintahNya...............aminnnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu yang terpenting,,,,aamiin ya robbal alamin

      Hapus
  5. aminn... semoga umat islam bisa dipersatukan dalam satu kepemimpinan..

    aku jarang sholat jamaah dimasjid, padahal jarak masjid sama tempatku terpaut 40m-an :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ....Allohu Akbar!!
      Awal yang bgus Mad, jujur....yang kdua merencanakan target mau berapa kali jamah tiap minggunya trus jaga konsistensinya.
      soale aku juga mau buat he he

      Hapus
  6. ya Allah.. padahal masih banyak nikmat Allah yg aku dustakan hiiikks
    semoga Allah mengampuni kita semua

    sungguh pelajaran berharga dan sangat sarat maknanya, org buta saja mau sholat jamaah dimasjid
    subhanallah
    smg kita bsa mencontohnya :)
    amin

    BalasHapus
  7. wah... jadi tersentuh nih..
    jujur saya jarang shalat berjamaah....

    BalasHapus
  8. HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.700.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.600.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.700.000

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship