Senin, 25 Februari 2013

Renungan Kelas Inspirasi


Kelar sudah pagelaran Gerakan Kelas Inspirasi, bagi yang tidak tahu apa itu Kelas Inspirai bisa ke situsnya langsung www.kelasinspirasi.org. Acara yang serentak diadakan di 6 Kota ini, mengajak para profesional untuk terjun langsung masuk ke dunia pendidikan untuk menjadi pengajar satu hari. Sehari sebelum acara berlangsung, antusiasme para pengajar dadakan ini sudah mulai terlihat. Tahu dari mana zal? Kalo saya memanfaatkan media sosial Twitter.

Timeline masing-masing akun twitter peserta berkicau mengenai persiapan, semangat dan kondisinya. Retweet dan tweet @kelasinspirasi juga memberikan semangat serta mengabarkan aktivitas tiap pengajar.  Saya tergabung di Pekanbaru Kelompok 4, yang bertugas di SD Cerdas Suka Karya Kualu Panam. Total ada 1.064 relawan pengajar untuk 137 SD  di 6 Kota, semangat pengalaman pertama menjadi pengajar memberikan banyak harapan dan motivasi.

Saya pun juga sangat bersemangat dan bangga tentunya, karena terpilih jadi relawan yang akan memberikan pengalaman sebagai karyawan. Memberikan informasi dan inspirasi ke anak-anak SD, membangkitkan semangatnya untuk bermimpi dan bercita-cita yang baik. Pengen rasanya acaranya ini ada di tiap bulannya, tapi status saya sebagai karyawan mungkin agak sulit.


Banyak dan pasti banyak yang bisa saya pelajari dari gelaran ini, sama seperti teman – teman relawan lainnya. Bisa belajar mengajar, belajar jadi relawan, belajar mengenai kondisi pendidikan, dan belajar bertanggung jawab sebagai warga negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengalaman satu hari ini mengingatkan saya untuk belajar dan terus belajar, selama ini karena bekerja proses belajar terpinggirkan.


Renungan Kelas Inspirasi di Blog Sing Biasane adalah: 
  1. Apakah saya akan terus menerus belajar dan meningkatkan pengetahuan profesional saya – *lihat murid SD belajar
  2. Bagaimana saya menilai pengetahuan yang saya miliki sekarang, sudah cukup, atau masih ada yang harus saya tingkatkan - *lihat murid SD ujian
  3. Pengetahuan mudah usang, dunia berjalan begitu cepat - *lihat murid SD melek internet
  4. Fokus dalam mempelajari ilmu - *lihat murid SD pusing belajar banyak hal
  5. Apakah saya mampu mengambil pelajaran dari setiap hal yang terjadi dalam hidup - *lihat murid SD antusias dengan relawan Kelas Inspirasi


Mudah mudahan renungan ini bisa menginspirasi kita, dan orang orang sekitar kita. Kegiatan volunterism ini talah mengajarkan kita untuk tulus memberi, memberi inspirasi dan motivasi adalah 2 hal yang bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun. 

34 komentar:

  1. wah sepertinya mas Rizal orang jawa juga ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok Kamu Tahu?? *templategombal

      Hapus
    2. ya tahu dong.. kan gulajawanya tumpah di wajah. manis meksudnya, yuhui

      Hapus
    3. Jadi manis itu karena gula jawanya yo hu hu uh

      Hapus
  2. wow...keren...
    ikutan kelas inspirasi..menginspirasi siswa sekaligus mendapat inspirasi. saya tadinya mau daftar..tapi kurang pengalaman..
    gak jdi deh.
    hehe.

    oya..salam kenal ya. kalo berkenan , saling follow blog yukz.
    soalnya saya tertarik dgn artikel2 blog mas, berkualitas.

    btw, dlu pernah di kick dari blogger energy? hah kok bisa knapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owh,gak jadi. tahun depan deh ya..mudah mudahan bisa ikutan.

      oke, makasih pujiannya duh duh

      saya gak dikasih tahu kenapa bisa dikick.... tapi sumpah pengen balik.

      Hapus
  3. Bener kata mas rizal nih, malah kita yang diinspirasi sama anak2 sd cerdas ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dari siapapun, kapanpun dan dimanapun....sampe minta ampun

      Hapus
  4. semangaaaaat mas :)
    segala sesuatu itu butuh proses + ditambah niat insyaAllah pasti ada jalan untuk menjadi lebih baik lagi :) aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niat dulu baru action kali dik.........
      Aamiin

      Hapus
  5. saya mulai apal wajah mas Rizal nih. kalo di jalan jangan kaget kalo saya sapa ya.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan diapalin mas, gak keluar di ujian kok.
      Lha saya diPekanbaru, Mas Zachflazz dimana?

      Hapus
  6. jadi inget sekolah sd thn 90an dulu gak ada acara2 inspirasi kaya skr ini

    Mampir kesini ya, salam kenal Peta Indonesia Karya Anak Negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah SD mu di daerah mana sob ....hihihi
      oke ail go der...

      Hapus
  7. mudah-mudahan perusahaan mau ngadain aksi sosial bgini..hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu juga kepikiran kayak gitu,khususnya di SD SD skitar pabrik ya.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Enggak, dari berbagai profesi, karyawan, pegawai, pengusaha, dll. Karena Kelas INspirasi ingin mengenalkan beragam profesi ke anak SD serta memberinya harapan yang tinggi akan cita cita.

      Hapus
  9. waaahh keren om, benar-benar menginspirasi kayaknya, smoga sukses selalu ya :)

    BalasHapus
  10. memang inspirasi datengnya bisa dari mana aja sob... termasuk dari anak SD sekalipun, dan itu bisa nyubit telak ke kita... :)

    BalasHapus
  11. wah keren acaranya mas, itu acara apaan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acara KElas INspirasi Cok.... ucok gak baca nih

      Hapus
  12. wah.. udah lama pengen ikut program beginian.. tapi belum pernah ketemu.. gimana cara ikutannya nih om.

    btw kmren udah komen kok ngilang ya??

    oa, aku yang tadi ikut kopdar Blogger bertuah :)

    BalasHapus
  13. berbagi tak pernah rugi ya mas :)

    BalasHapus
  14. berkunjung ikut memeriahkan sob

    BalasHapus
  15. KEREN! Inspiring untuk terus meningkatkan pendidikan dan "sadar ilmu pengetahuan". keep it up, sukses teruss untuk programnnya :)

    BalasHapus
  16. Waaaaa keren ..
    Kemarin yang di Jakarta, belum bisa ikut daftar Mas, padahal pengen banget ikutan juga. Soalnya ngajarnya pas week day yaa, jadi susah izin. Next time kalo ada lagi ikutan ah.... Ada seleksinya kan ya Mas ? Seleksinya seperti apa ya ??

    BalasHapus
  17. HARGA PROMO TERMURA TERBESAR SE INDONESIA PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237 website:http://ardhanionlineshop.blogspot.com Produk dijamin asli Ready Stock ! Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.900.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.700.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.600.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.700.000

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship