Kondisikan!

Minggu kemarin tepatnya hari Jumat malam, saya mencoba untuk kopdar ke teman-teman di Blogger Bertuah. Komunitas Blogger yang berdomisili di Pekanbaru dan Riau. Malam itu kebetulan mereka sedang ada persiapan acara di salah satu hotel, yaitu UKM goes Online.

 Baru ketemu, ya jelas gak ada yang kenal. Berusaha proaktif untuk kenalan tapi tetep masih belum bisa masuk/ nyambung saat mereka ngobrol dan diskusi. Komunitas ini banyak berisi anak-anak kuliahan, walaupun beberapa ada pengurus yang sudah bekerja. Namun tetep  saya berusaha untuk ikut, ikut ketawa, senyum dan kipas-kipas.

Namun  ada satu hal yang saya perhatikan, saat pengurus menginginkan sesuatu. Si Ketua langsung bilang ke anggotanya “Kondisikan” dan segera dijawab “Oke Bos”. Misal saat itu tim sedang membutuhkan salah satu iklan di Koran dan mereka memutuskan untuk mengambilnya dari lobby hotel. Ketua :”Ucok, kondisikan!, berdua sama Adi”, dengan sedikit pertanyaan – mereka langsung berangkat.

Saat tim menginginkan membeli sesuatu, ketua langsung memberikan instruksi ke anggota/ pengurus lain untuk meng’kondisi’kan hal tersebut. Menurut saya ini keren, 2 pihak udah saling memahami dan mengerti fungsinya. Gak mungkin dong, kalo ketuanya asal-asalan bisa memerintah / anggotanya nurut seperti itu. Bawahannya juga mengerti posisinya yaitu melaksanakan keputusan tim lewat perintah atasan.

Jadi keduanya baik dan saling support. Tapi karena jumlah pemimpin itu pasti lebih sedikit dari yang dipimpin, maka yang mempunyai nilai lebih si Pemimpin dong. Meskipun semua bawahannya jago-jago, kalo pemimpinnya gak bisa manage -  ya gak bakalan bagus tim itu. Atau sebaliknya, ya malah parah. Yups itu aja dari dari saya, tolong untuk komentar segera di ‘kondisikan!’.

11 komentar:

  1. Siap boss !!

    hAHAHAHA, code yang bagu , kondisikan !!

    =>>biasa bang kalau baru sekali ikut kopdar, masih unyu gak ada temennya. tetep semangat ya bang, lama kelamaan pasti entar juga akrab !!

    BalasHapus

  2. Pemimpin yg berhasil itu kyaknya memang trgantung juga sma bwahanNy,,
    Tpi bawahan yg baik juga hnya bisa diciptakan sma pemimpin yg baik juga..
    Gitu bukan???

    BalasHapus
  3. saya juga sering kopdar, hanya beberapa saja yg langsung nyambung. gak banyak kok

    BalasHapus
  4. @Ahmad : Merasa unyu tapi kok paling tua ha ha

    @Chopya : Wah sipp, saling terkait

    @Riu : sama kita

    BalasHapus
  5. tapi bukan dari kalangan militer kan.. ?

    :D

    saya dulu juga pernah sempat kopdar, planga plongo aja.. :D

    BalasHapus
  6. Harus ada rasa percaya dan mempercayai antara leader dan tim,sehingga dgn instruksi yg singkat,dpt segera dieksekusi oleh timnya.. Percaya leader kpd tim, a.l. Mrs percy dan menaruh tanggung jwb penuh dgn kemampuan personel msg2 timnya,begitu jg tim mempercyai leader,bhw instruksi yg diberikan tidak menyesatkan dan msh dlm kaidah yg sesuai EYD,, tetap smngt menulis pak..

    BalasHapus
  7. hahaha, dibuat postingan nya... :D
    Sebenarnya kata "Kondisikan" itu didapat dari masa kuliahan dulu mas. yang bermakna tanggung jawab atas suatu aksi. dan mereka orang yg ditunjuk itu juga pastinya yang berkompeten dibidangnya :D
    Btw, Colokan listriknya Mas Rizal masih ada nih, masih pinjem buat 2 Chapter lagi..

    Oya, kemaren belum sempat ngiri form KTA ya, hari minggu besok di Aula Bappeda kantor walikota ya mas..

    BalasHapus
  8. waaahh ikutan ya kemarin bg?
    koq gak ngajak2 sih, jadi minggu datang juga?

    BalasHapus
  9. @Kurnia : wah yang diomongin dateng juga, terima kasih telah hadir he he. untuk colokan sila dipakai. INsyaAlloh minggu dateng.

    @Iva : ikutan kumpul doang, eh kelihatanyya aku udah gak jadi anggota BE. kenapa ya...

    BalasHapus
  10. Kalo melakukan inisiatif termasuk mengkondisikan gak?

    BalasHapus

  11. This is a great blog posting and very useful. I really appreciate the research you put into it.Superb!
    Inilah salah satu cara agar awet muda dengan menggunakan produk zell v platinum plus yang terbuat dari ekstrak plasenta domba .satu satunya produk anti aging terbaik yang ada di Indonesia dan yang pertama di Asia, perkenalkan zell v dari placenta domba

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship