Rabu, 17 Oktober 2012

Menolak Pekerjaan.... Berani Gak?


Kalau menolak berarti ada yang kasih dong ya, iya… untuk pegawai/ karyawan sih sudah mahfum atasan dan teman akan meminta anda menyelesaikan suatu pekerjaan.  Pengusaha gimana? Sama aja boss– dia kan dikasih pekerjaan sama konsumen. Karena posisi saya sekarang sebagai karyawan, so sudut pandang karyawan akan banyak saya pakai.

Masih di gelaran #ligabloggerindonesia , wah seneng banget banyak teman-teman yang care dengan mengunjungi Blog Sing Biasane dan memberikan komentar. Ntar datang lagi ya, untuk yang lain yuk datang trus isi box komentar ….ssttt buat tambah nilai.

Mau tahu lebih banyak tentang #ligabloggerindonesia, kunjungi http://ligablogger.dotsemarang.com


Kembali ke lap top!! Menolak pekerjaan bisa dilakukan selama itu dengan menyatakan pendapat dengan niat baik khususnya untuk kebaikan kita walaupun mungkin agak menyakitkan orang lain. Aku juga belum pernah jeh… , karena atasan saya selalu menyakinkan bahwa bertambahnya beban kerja kita. Membuat anda naik level karena terus berusaha menemukan cara tercepat untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Nah untuk anda yang pernah merasakan tanggung jawab pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya, padahal kita sudah mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan target sesuai deadline. Kadang seringkali kerja lembur  dan mengorbankan istirahat siang. Tapi anehnya list pekerjaan tetap panjang dan tidak pernah ada habisnya. Nah loh=))

Komplain mulai berdatangan baik dari teman internal dan eksternal. Atasan langsung dan tidak langsung anda kemudian menilai bahwa hal ini terntunya akan mempengaruhi kinerja tim dan perusahaan. Lalu teguran, peringatan, penilaian  dan nilai jelek pun jadi hadiah untuk anda. Banyak hal yang menyebabkan pengaturan pekerjaan anda berantakan, sesungguhnya yang mendasarinya adalah  -siap siap ini pake bahasa inggris-  ‘so much to do and so little time’. 


Jika dicermati lagi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah ketidakmampuan untuk mengatakan yang sejujurnya atau berkata tidak. Seringkali karena perasaan sungkan, anda segan bahkan takut untuk menolak setiap pekerjaan yang dilimpahkan kepada anda. Padahal belum tentu pekerjaan tersebut tanggung jawab anda atau anda bahkan tidak memiliki keterampilan untuk mengerjakan.

Sebelum kita makin kewalahan dengan load kerja yang semakin menumpuk dan kredibilitas kerja anda dipandang rendah oleh atasan dan teman anda. Sudah saatnya anda mengkomunikasikan secara jujur, hak atau apa yang anda inginkan namun tetap mempertahankan hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan.

Berani gak nih?? Alhamdulillah kalau gak salah ingat saya belum pernah menolak, karena seperti alasan di atas dan atasan saya cukup bijak saat meminta bawahanya mengerjakan sesuatu - cek time line akun twitter saya di @rizalarable dengan hashtag #bossaid - thats about my boss said.

10 komentar:

  1. bner bangt tuh,,trkdang kita segan mau bilang klau gak suka dgn pkrjaan yg di berikan atasan,,hhe
    aplagi sya, sya jarang bisa nolak org,,mslh cinta pun begitu #eh kq jdi curcol?

    BalasHapus
  2. makasih Iva, udah datang dini hari gini di lapak ane. ternyata kamu dari kuantan ya....abang ada di Pekanbaru. mungkin kapan waktu bisa ketemu.

    BalasHapus
  3. Saya masih cari pekerjaan pak, pengangguran. gimana pak, sayang kalo harus ditolak.

    BalasHapus
  4. saya sudah kerja si pak, dan sudah ngerasain juga hal2 yg beginian.

    mau ga mau tetep diterima juga "titah" yang diberikan oleh atasan


    pasal 2 balik lagi ke pasal 1 bosssss

    BalasHapus
  5. he2, bro Rizal.... please remember to my Basic Mentality sharing.
    the key words are, "customer satisfaction" , so please trace and realize where & what you are in the S-I-P-O-C flow.
    then satisfy your customer by fulfill their requirement. whoever he is.........

    BalasHapus
  6. Wadow masboy kok pake basa inggris sih.
    kepuasan pelanggan yo dengan memenuhi permintaannya ...

    BalasHapus
  7. Pak rizal, ini aq udah berkunjung ke blogmu. Sukses ya buat liga bloggernya :) Aq komen di artikel ini krn artikel ini gwe bangetsss, hhahahaha

    BalasHapus
  8. catur_suroboyo1 November 2012 17.38

    diterima saja kalo itu sifatnya tugas...itu kan amanah...

    BalasHapus
  9. @ficaus ; sama dong, dirikmu gw bangedd
    @catur : atik suroboyo rek.....amanah ki opo pakdhe...

    BalasHapus

Barusan Pulang

Friendship